MIUI-9
MIUI 9

Kalau ini kali pertama kamu pakai Xiaomi, please jangan dulu dijual devicenya, sedikit bingung wajar, namanya juga pertama kali, masih episode adaptasi.

Terus apa bedanya MIUI sama AndroidOS kayak Nougat atau Oreo atau Marshmallow.

Sebelum mengulas beda dari MIUI Global ROM Beta dan MIUI Global Stable, kita coba tarik mundur sedikit saja, untuk mengupas soal MIUI.

MIUI adalah antar muka atau user interface yang sengaja dibuat oleh Xiaomi untuk memoles device mereka. Sistem operasinya tetap AndroidOS. Bukan sekedar UI (user interface), karena Xiaomi sudah melengkapi MIUI dengan beragam fitur, terlepas dari fitur yang ada di AndroidOS.

Kembali ke beda Beta dan Stable dari MIUI Global.

Sudah menjadi standar prosedur sebuah perusahaan, sebelum mengeluarkan produknya ke market, mereka pasti akan melakukan uji kelayakan.

Proses uji kelayakan dalam pengembangan software umumnya diistilahkan dengan fase alpha dan beta.

MIUI Global ROM Beta

Singkat kata, MIUI Global ROM Beta ini adalah fase dimana Xiaomi sedang uji coba, ada masalah, ada crash, ada bug, segera diperbaiki. Makanya jangan aneh, kalau MIUI Global ROM Beta ini updatenya dua minggu sekali.

Kalau kamu termasuk early adopter, dan mau coba paling duluan, biar up to date sama fitur-fitur barunya MIUI, maka menggunakan MIUI Global Beta ROM ini sebuah kewajiban.

MIUI Global ROM Stable

Ini adalah pilihan buat kamu yang tidak ingin dipusingkan dengan terlalu sering update. Tunggu dengan sabar, sampai proses uji kelayakan selesai, dan akhirnya Xiaomi merilis MIUI Global ROM Stable.

Tidak ada bedanya, semuanya sama. Hanya saja mereka user beta, bisa mencicipi fitur baru lebih dulu. Itu saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here