download youtube kids

Sebagai orang tua, kita punya tanggung jawab untuk melindungi anak kita dari ‘jahatnya’ internet. Mudahnya arus informasi tidak serta merta memberikan dampak positif. Apalagi kid jaman now sudah erat sekali dengan gadget, khususnya smartphone.

Ada sisi negatif yang perlu diperhatikan. Utamanya untuk si kecil. Karena mereka belum mengerti apa-apa, apa yang dilihat akan dicernanya jika kita tidak melakukan tindakan pencegahan.

Salah satu dari sekian banyak bentuk tanggung jawab kita sebagai orang tua, adalah dengan memilih dan memilah tontonan yang baik dan sarat manfaat. Tapi untuk memilah satu per satu bukan hal yang mudah.

Mungkin ini bisa jadi jawabannya, YouTube Kids. Ini adalah versi YouTube yang dibuat khusus buat anak-anak. Bahkan untuk mengaksesnya saja, perlu ‘ijin’ dari ayah ataupun ibunya.

YouTube Kids sudah dilengkapi dengan fitur;

Blocking dan reporting

Meski sudah dirancang sedemikian rupa agar video yang ditampilkan khusus untuk anak-anak, YouTube mengamini sistemnya tidak sempurna, dan selalu saja ada kemungkinan buruk, misal, ada video yang tidak semestinya malah muncul di YouTube Kids.

Oleh karena itu, di awal saat Anda membuka aplikasi YouTube Go, YouTube sudah wanti-wanti dan menyediakan fitur untuk block dan report andaikata ada video yang tidak ingin kamu lagi saksikan di YouTube Kids.

Filter video konten

YouTube Kids akan menyusun video-video menyesuaikan dengan beberapa video yang dilihat pertama kali, dan berdasarkan apa yang dicari saat menggunakan YouTube Kids.

Secara otomatis, YouTube Kids akan membuang jauh-jauh video yang tidak sesuai untuk anak-anak. Karena yang filter sistem, tidak secara manual oleh manusia, jadi jika menemukan video tidak sesuai, harap maklum. Cukup lakukan block atau report.

BACA JUGA  Apa itu Android Go ?

Pencarian video

YouTube Kids juga dilengkapi dengan fitur pencarian video. Saat fitur ini dimatikan, maka kamu bisa membatasi, agar video-video yang ditampilkan pada YouTube Kids bisa lebih terjaga.

Tapi jika dihidupkan, kemungkinan untuk mendapati video yang tidak sesuai akan semakin besar. Singkat kata, meski namanya YouTube Kids, pengawasan orang tua tetap diperlukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here